Rabu, 11 Desember 2019

CARA BUAT SURAT TANDA MELAPOR WNA (MIXED MARRIAGE INDONESIAN-INDIA)


Hi Guys,
Welcome back here on my blog ^_^

Apa kabar kalian semua? Semoga semua baik-baik dan sehat ya. Aamiin.

Alhamdulillah aku sudah resmi menikah secara agama (KUA) dan hukum (Indonesia dan India). Jadi waktu itu aku kan pernah shared ketika aku daftar di KUA tanggal 30 Agustus 2019 (klik link ceritanya di sini https://kimberliajadeh.blogspot.com/2019/11/the-office-of-religious-affairs.html ) dan si penghulu minta surat tanda melapor jika nanti WNA (suami sudah tiba di Jakarta) sebagai syarat tambahan untuk di KUA, ketika itu saya agak sedikit kesal karena di peraturan menteri agama tidak ada mencantumkan perihal ini (kalian bisa baca perihal peraturan menteri agama di sini ya, pernah aku shared https://kimberliajadeh.blogspot.com/2019/09/persyaratan-nikah-dengan-wna-sesuai.html) dan ketika Kakak saya mendaftar nikah juga tidak ada di minta melampirkan surat tanda melapor (fyi. Kakak saya menikah dengan WNA Italia). Akhirnya saat itu saya bilang kalau saya akan memberikan stempel imigrasi di paspor suami jika dia sudah tiba di Jakarta.
Nah pas acara akad nikah tanggal 01 Desember 2019, si penghulu nanya lagi nih soal surat tanda melapor ini dan lagi-lagi saya jelaskan “saya rasa tidak perlu Pak.” Tapi penghulu tetep minta, ya sudah akhirnya saya “iyakan” saja nanti saya berikan ke KUA. Sampai sekarang juga saya masih bingung sebenernya kenapa tuh penghulu minta surat ini padahal di peraturan menteri agama tentang pernikahan campur tidak tercantum hal itu. Akhirnya proses akad nikah berjalan lancar.
            Hari senin, 2 Desember 2019, saya dan suami ke Polres Jatinegara lantai 4 ruang Intelkam (terpaksa honeymoon di tunda gegara urusan ini -_-). Langsung masuk aja ruangan Intelkam, gak perlu nunggu di luar.
            Setelah masuk ke ruangan itu, langsung bilang ke petugasnya mau buat surat tanda melapor WNA untuk menikah, ketika itu petugasnya bernama Destina/Destiana gitu (lupa hahahah). Dokumen yang di bawa :
1. Fotokopi aku (WNI) 1 lembar
2. Fotokopi paspor WNA 1 lembar
3. Fotokopi stampel arrival dari paspor WNA (stempel imigrasi ketika WNA tiba di Jakarta)
            Prosesnya 1x24 jam (tidak bisa langsung jadi), petugas bilang aku datang lagi besok untuk ambil suratnya. Kesel banget sih ketika surat itu tidak bisa langsung jadi, awalnya mikir jika suratnya bisa langsung jadi, bisa langsung ke KUA, trus bisa jalan-jalan deh ke Bandung. Eh ternyata gak bisa langsung jadi. Ya udah akhirnya kami langsung nyebrang ke City Plaza Jatinegara, nonton film “Trinity the traveler” setahu aku kan film Indonesia sudah ada text bahasa Inggrisnya ya karena dulu pernah nonton di aeon film Indonesia ada text bahasa Inggrisnya, jadi milih lah film “Trinity the traveler” itu berharap ada text bahasa inggrisnya biar suami ngerti eh ternyata gak ada dong hahahahahaha akhirnya suami gak ngerti dan cuma duduk anteng aja.
            Hari selasa, tanggal 3 Desember 2019, aku kembali lagi ke Polres Jatinegara lantai 4 ruang Intelkam bareng suami. Tapi si Mbak Destina gak ada, jadi aku tanya sama Bapak-Bapak karena kemarin Mba Destina bilang kalau mau ambil surat sama siapa aja bisa, gak harus sama dia, tinggal bilang aja “mau ambil surat tanda melapor atas nama (sebutin nama suami)” Trust uh Bapak kayak males-males gitu, padahal pas aku dateng tuh Bapak lagi makan kacang (lagi gak kerja). Trust uh Bapak bilang “Belum di tanda tangan mbak suratnya, besok balik sini lagi aja.” Bikin emosi, langsung aja aku jawab “Gak bisa Pak, saya butuh suratnya hari ini karena mau langsung ke KUA.” Akhirnya tuh Bapak masuk ke ruangan gitu, trus balik lagi, nyalain computer ngetik-ngetik. Dalam hati aku “jangan-jangan suratnya baru di bikin kali.” Setelah nunggu kurang lebih 30 menit, akhirnya jadi juga surat tanda melapornya. Langsung di kasih ke aku. GRATIS. Gak bayar, walaupun kayaknya muka tuh Bapak kayak muka minta duit tapi bodo amat, aku cuma bilang makasih trus langsung pergi deh sama suami.

Surat Tanda Melapor


Thank you ya udah mampir ke sini jangan lupa follow dan subscribe.

Find me on
IG @sheisrizki
Youtube channel “QNaInLove RN”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar